Home | Masuk? Sign In | Daftar? Sign Up | Keluar

PPDB 2016-2017

PPDB Online SMPN 1 Ngajum , Silahkan semua lulusan SD Sederajat untuk segera mendaftarkan diri berapapun nilai Nun kamu, tidak ada batasan dan bisa ngecek sendiri peringkat pendaftaran. Ditutup pada hari Jumat jam 10.30 WIB, tinggal 2 hari... Ayo segera semoga segera kamu bisa diterima di sekolah ini"

Selasa, 18 Oktober 2011

Implementasi Kegiatan Lesson Study

Selasa, 18 Oktober 2011



Setelah melaksanakan kegiatan open class / lesson study dengan skala kecil ( Intern sekolah ) pada hari Jumat (14/10)..  SMP Negeri 1 Ngajum yang ditunjuk sebagai percontohan pelaksanaan lesson study di Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan lesson study dengan skala kabupaten. Dari dinas pendidikan kabupaten Malang 90% pengawas sekolah menengah hadir. Plus  Kepala SMP se sub rayon Kecamatan Ngajum beserta 2 wakilnya.
Dari pihak UM selaku penggagas kegiatan Lesson Study (LS) sangat mendukung dengan kegiatan inii. Karena yang tampil sebagai guru model adalah Hj. Maslikhah guru Matematika maka UM  menunjuk Bpk. Sukoriyanto M.Pd. (Dosen Matematika UM),. Bapak Dosen yang berpenampilan kelem  ini dalam paparannya menyampaikan beberapa hal tentang Lesson Study (LS).

Setelah penyampaian materi LS, kegiatan berlanjut ke pelaksanaan KBM (Do) yang kali ini giliran kelas 9 C. 
Pada mulanya baik guru model maupun siswa terlihat tegang. Perasaan ini bisa muncul karena tidak biasa KBM dengan di lihat dan diamati oleh ratusan pasang mata. Materi yang diajarkan oleh guru model adalah Pola Barisan bilangan sederhana. Adapaun peralatan yang dibutuhkan adalah potongan sedotan besar, batangan korek api , papan putih kecil serta penghapus sebagai penahan  Yang terlibat pada Lesson ZStudy adalah Siswa pembelajar, guru model dan observaer. Tugas observer bukan mengamati guru , namun mengamati kegiatan siswa mana yang aktif dan mana yang perlu catatan khusus. Observer tidak boleh mencampuri cara mengajar guru model. 

Selesai kegiatan DO  dilanjutkan dengan kegiatan SEE yaitu kegiatan refleksi yang isinya observer  dengan dipandu moderator ( M. Sholeh Mawardi) menyampaikan segala sesuatu yang terjadi pada kegiaatan DO. Yang boleh disoroti adalah kegiatan siswa. Sedangkan guru model dipersilahkan menyampaikan segala sesuati yang telah dilaksanakan pada kegiatan DO

Di akhir acara, Sukoriyanto MPd, selaku nara sumber dan pengamat, menyampaikan kesimpulan dan beberapa catatan pelaksanaan Lesson Study (LS) ini. Dalam penyampaian akhirnya, Dosen Matematika yang juga teman penulis memberi kesan yang positif dan best. Serta berharap kegiatan ini dilakukan oleh guru-guru yang lain.

Sementara SMP Negeri 1 Ngajum sendiri telah menjadwalkan kegiatan serupa untuk kelompok-kelompok mapel serumpun. yang nantinya berkembang ke semua guru bisa melaksanakan kegiatan ini. Selamat kepada SMP Negeri 1 Ngajum karena menjadi yang pertama di Kabupaten Malang dalam melaksanakan Lesson Study (LS).

0 komentar:

Arsip Blog :