Home | Masuk? Sign In | Daftar? Sign Up | Keluar
SMP Negeri 1 Ngajum "Upadi Wedya Hanggayuh Kapti=" Berupaya menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita"
SELAMAT DATANG SISWA BARU, MARI BELAJAR SUNGGUH-SUNGGUH ; TIADA HARI TANPA BELAJAR "

Jumat, 04 Februari 2011

PERMENDIKNAS NO. 24 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR SARANA DAN PRASARANA SMP

Jumat, 04 Februari 2011
PERMENDIKNAS NO. 24 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR SARANA DAN PRASARANA SMP 
 
Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) mencakup kriteria minimum sarana dan kriteria minimum prasarana. 

Penyelenggaraan pendidikan bagi satu kelompok pemukiman permanen dan terpencil yang penduduknya kurang dari 1000 (seribu) jiwa dan yang tidak bisa dihubungkan dengan kelompok yang lain dalam jarak tempuh 3 (tiga) kilo meter melalui lintasan jalan kaki yang tidak membahayakan dapat menyimpangi standar sarana dan prasarana sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini. 

Standar sarana dan prasarana ini mencakup:
1.kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah,
2.
2.kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah.
Ketentuan Umum 
1.Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
2.Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
3.Perabot adalah sarana pengisi ruang.
4.Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
5.Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
6.Buku adalah karya tulis yang diterbitkan sebagai sumber belajar.
7.Buku teks pelajaran adalah buku pelajaran yang menjadi pegangan peserta didik dan guru untuk setiap mata pelajaran.
8.Buku pengayaan adalah buku untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan guru.
9.Buku referensi adalah buku rujukan untuk mencari informasi atau data tertentu.
10.Sumber belajar lainnya adalah sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi jurnal, majalah, surat kabar, poster, situs (website), dan compact disk.
11.Bahan habis pakai adalah barang yang digunakan dan habis dalam waktu relatif singkat.
12.Perlengkapan lain adalah alat mesin kantor dan peralatan tambahan yang digunakan untuk mendukung fungsi sekolah/madrasah.
13.Teknologi informasi dan komunikasi adalah satuan perangkat keras dan lunak yang berkaitan dengan akses dan pengelolaan informasi dan komunikasi.
14.Lahan adalah bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah/madrasah meliputi bangunan, lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, dan lahan pertamanan.
 
 Bangunan adalah gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
16.   Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus.
17.   Ruang perpustakaan adalah ruang untuk menyimpan dan memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka.
18.   Ruang laboratorium adalah ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
19.   Ruang pimpinan adalah ruang untuk pimpinan melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah.
20.   Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu.
21.   Ruang tata usaha adalah ruang untuk pengelolaan administrasi sekolah/madrasah.
22.  Ruang konseling adalah ruang untuk peserta didik mendapatkan layanan konseling dari konselor berkaitan dengan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.
23.   Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
24.  Tempat beribadah adalah tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
25.   Ruang organisasi kesiswaan adalah ruang untuk melakukan kegiatan kesekretariatan pengelolaan organisasi peserta didik.
26.    Jamban adalah ruang untuk buang air besar dan/atau kecil.
27.  Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
28.    Ruang sirkulasi adalah ruang penghubung antar bagian bangunan sekolah/madrasah.
29.  Tempat berolahraga adalah ruang terbuka atau tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk melakukan pendidikan jasmani dan olah raga.
30.   Tempat bermain adalah ruang terbuka atau tertutup untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan bebas.
31.    Rombongan belajar adalah kelompok peserta didik yang terdaftar pada satu satuan kelas.

1. 
Satuan Pendidikan
1. Satu SMP/MTs memiliki sarana dan prasarana yang dapat melayani minimum 3 rombongan belajar dan maksimum 27 rombongan belajar.
2.
2.2. Minimum satu SMP/MTs disediakan untuk satu kecamatan.
3.
3.3. Seluruh SMP/MTs dalam setiap kecamatan dapat menampung semua lulusan SD/MI di kecamatan tersebut.
4.
4.4. Lokasi setiap SMP/MTs dapat ditempuh peserta didik yang berjalan kaki maksimum 6 km melalui lintasan yang tidak membahayakan. 
¡SYARAT LAHAN:
§
§ 
1.Terhindar potensi bahaya, kebisingan, pencemarar air dan udara
§
§Kemiringan 15%
§
§2. Sesuai peruntukan dan ada ijin pemda minimal 20 thn 
Ketentuan Bangunan
¡1. koefisien dasar bangunan maksimum 30 %;
¡
¡2. koefisien lantai bangunan dan ketinggian maksimum bangunan yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah;
¡
¡3. jarak bebas bangunan yang meliputi garis sempadan bangunan dengan as jalan, tepi sungai, tepi pantai, jalan kereta api, dan/atau jaringan tegangan tinggi, jarak antara bangunan dengan batas-batas persil, dan jarak antara as jalan dan pagar halaman yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah.
 
 Konstruksi Bangunan
¡Memiliki konstruksi yang stabil dan kukuh sampai dengan kondisi pembebanan maksimum dalam mendukung beban muatan hidup dan beban muatan mati, serta untuk daerah/zona tertentu kemampuan untuk menahan gempa dan kekuatan alam lainnya.
¡Dilengkapi sistem proteksi pasif dan/atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan petir. 
¡Mempunyai fasilitas secukupnya untuk ventilasi udara dan pencahayaan yang memadai.
¡
¡Memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan meliputi saluran air bersih, saluran air kotor dan/atau air limbah, tempat sampah, dan saluran air hujan.
¡
¡Bahan bangunan yang aman bagi kesehatan pengguna bangunan dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.
  
Bangunan bagi penyandang cacat
¡Bangunan menyediakan fasilitas dan aksesibilitas yang mudah, aman, dan nyaman termasuk bagi penyandang cacat
Syarat Kenyamanan Bangunan
¡Bangunan mampu meredam getaran dan kebisingan yang mengganggu kegiatan pembelajaran.
¡
¡Setiap ruangan memiliki pengaturan penghawaan yang baik.
¡
¡Setiap ruangan dilengkapi dengan lampu penerangan.
 

 

0 komentar: