Home | Masuk? Sign In | Daftar? Sign Up | Keluar

Profil SMP Negeri 1 Ngajum

SMP Negeri 1 Ngajum , Alamat Jl. Jatisari 33 Telp.0341-397508 e-mail : ngajumsmpn001@gmail.com, web: www.smpn1ngajum.sch.id"

Rabu, 17 November 2010

Wedus Kribo di Qurbankan

Rabu, 17 November 2010
InfoKepanjen.com: Kalau kita berbicara tentang erupsi Gunung Merapai , pasti mengenal yang namanya wedus gembel. Ini adalah bagian lain dari kisah wedus. Tepatnya wedus Kribo.
Dalam kegiatan penyembelihan hewan Qurban di SMP Negeri 1 Ngajum, ada seekor sapi dan 2 ekor wedus/kambing yang menjadi hewan Qurban. Hewan-hewan ini adalah bagian dari kegiatan pembelajaran siswa agar rela berqurban.
Dari pembelajaran ini diharapkan, siswa dan keluarga besar SMP Negeri 1 Ngajum meniru hakikat dari keimanan kepada Allah SWT, seperti yang diteladani oleh Nabi Ibrahim AS.
Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan seusai kegiatan sholat Ied yang dilaksanakan di lapangan basket. Hampir seluruh siswa mengikuti kegiatan sholat ini.
Ustd. Sholeh dari Ngajum yang menjadi Khotib memaparkan dalam khutbahnya yaitu tentang riwayat terjadinya kegiatan Idul Qurban yang setiap tahun dirayakan oleh umat Islam sedunia.
Oleh Ustd. Sholeh ditegaskan bahwa sebagai seorang pelajar, kegiatan ini juga bersifat positif, terlepas dari sah atau tidak sahnya penyembelihan hewan Qurban yang sifatnya gotong royong. Intinya adalah pembelajaran yang baik itulah yang dikedepankan.
Adapun wedus kribo yang diqurbankan tersebut adalah sumbangan dari Ibu Angga selaku guru baru BP/BK di SMP Negeri 1 Ngajum. Adapun pembagian daging qurban diperuntukkan masyarakat sekitar sekolah dan sekitar rumah bapak/ibu guru yang kurang mampu.
Semoga kegiatan ini bisa menambah iman dan ketaqwaan warga SMP Negeri 1 Ngajum.(admin)

0 komentar:

Arsip Blog :