Home | Masuk? Sign In | Daftar? Sign Up | Keluar

Profil SMP Negeri 1 Ngajum

SMP Negeri 1 Ngajum , Alamat Jl. Jatisari 33 Telp.0341-397508 e-mail : ngajumsmpn001@gmail.com, web: www.smpn1ngajum.sch.id"

Selasa, 02 November 2010

Satu siswa satu Note book

Selasa, 02 November 2010
Satu lagi yang bisa ditunjukkan sebagai unggulan oleh SMP Negeri 1 Ngajum. Dalam kegiatan pembelajarannya, satu kelas dari siswa kelas 7 mendapatkan perlakuan yang istimewa. Hal ini dilakukan karena kelas ini adalah satu kelas rintisan degan mencoba menerapkan satu kelas billingual.

Mengapa hal ini bisa dilakukan ?
Jawabnya adalah adanya kesepakatan antara wali murid yang mampu  dengan pihak sekolah yang diwadahi oleh komite sekolah. Wali murid kelas 7 ini secara bergotong royong mengusahakan note book untuk putra-putrinya dalam kegiatan pembelajaran.
Tetapi agar ada kesamaan dan kesetaraan, wali murid menyerahkan pengadaan note book itu kepada sekolah. Selain note book, dikelas ini juga terdapat kipas angin, layar LCD dan berkarpet.

Dengan adanya kelas 7 A ini, mau tidak mau guru pengajar kelas 7A diharapkan memanfaatkan ssarana-prasarana yang ada. Jika selama ini ada guru yang belum mahir menguasai komputer, tahun lalu guru-guru SMP Negeri 1 Ngajum telah mengikuti kursus Komputer. Kegiatan kursus ini bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan bursa kerja ” Dharma Wiyata” Kepanjen.

Guru-guru menerima  materi Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point dan cara mengakses internet. Dengan menerima materi ini diharapkan guru bisa membuat soal sendiri, mengolah nilai dan menganalisa sendiri, membuat desain untuk presentasi serta kebutuhan mendownload materi atau soal yang ada di internet.

Sayangnya, SMP Negeri 1 Ngajum yang menggunakan layanan internet bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, berulangkali mengalami kendala. Jalur internet dari dinas sering tiba-tiba ngadat dan tak bisa diakses. Sementara jalur speedy di Ngajum belum bisa dilayani, begitu katanya telkom.

Jadi mau tidak mau, internet ya tetap menggunakan akses milik Dinas Pedidikan. Penggunaan note book di kelas 7 A ini, melanjutkan program sekolah  untuk siswa yang sekarang kela 8 A.  Jika saat itu siswa menggunakan PC sekarang lebih ditingkaykan dengan menggunakan note dengan pertimbangan perawatan note book lebih ringan karena bergaransi dari pada menggunakan PC yang jika terjadi kerusakan sering merambat ke komponen lain, padahal untuk dana perawatan sangat minim yang diperoleh dari  siswa sangat minim. 
Jika Anda perbah dengar slogan " Satu Guru Satu Laptop " maka SMP Negeri 1 Ngajum punya slogan tandingan " Satu Siswa Satu Note Book ". (admin)


0 komentar:

Arsip Blog :